Inilah 4 Variasi Ras Anjing Jerman Sheperd yang Gagah Berani

Semua orang khususnya pecinta binatang pasti sudah tidak asing lagi dengan anjing herder. Ya, anjing yang berasal dari ras Jerman Sheperd ini sangat bersahabat dengan manusia. Pasalnya, anjing tersebut dianggap memiliki kecerdasan yang mumpuni, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan manusia yang baik, dan memiliki keterampilan yang dapat membantu kehidupan manusia. Bahkan, kemampuan fisiknya yang perlu diacungi jempol menjadikannya sebagai salah satu ras anjing pekerja yang handal. Mulai dari aparat penegak hukum, keamanan, hingga satuan penyelamat menjadikannya sebagai bagian dari anggota. Tak heran jika ras anjing tersebut sangat dihormati oleh para pencinta binatang dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Berikut ini akan kami bagikan informasi mengenai 4 variasi ras anjing Jerman Sheperd yang gagah berani berdasarkan karakteristik bulunya.

1. Anjing Jerman Sheperd Sable
Variasi ras anjing Jerman Sheperd yang pertama adalah Jerman Sheperd Sable atau yang dikenal dengan Agouti. Variasi ras anjing yang satu ini memiliki karaktersitik bulu yang sangat unik. Pasalnya, karakteristik bulunya tidak monoton dan cenderung memiliki berbagai warna bulu yang menyelimuti tubuhnya. Aneka warna bulu semakin bervariasi seiring dengan bertambahnya usia anjing. Bahkan, terdapat beberapa warna yang cenderung lebih mendominasi ketimbang warna lainnya. Beberapa kombinasi warna bulu yang menyelimuti tubuh anjing ini seperti cokelat, hitam, abu-abu, hingga keemasan. Namun, pada umumnya anjing ras ini terlahir berwarna kecoklatan dan terus bertambah gelap serta bervariasi seiring bertambahnya usia.

Baca juga : 5 Fakta Menarik tentang Anjing German Shepherd

2. Anjing Jerman Sheperd Panda
Variasi ras anjing Jerman Sheperd yang selanjutnya adalah Jerman Sheperd Panda. Ya, variasi ini memang masih jarang dijumpai hingga sekarang. Pasalnya, variasi ras anjing ini cenderung memiliki penampilan yang sedikit aneh dan terlihat mencolok. Tampilan tersebub disebabkan oleh adanya perpaduan dari ras anjing lainnya. Namun, tak sedikit pula yang menganggap keanehan penampilan tersebut terjadi akibat adanya mutasi genetik. Anjing ini memiliki bulu berwarna putih pada anggota tubuh bagian perut dan kaki. Namun, pada anggota tubuh bagian lainnya memiliki warna coklat hingga hitam sehingga membuatnya terlihat seperti panda.

3. Anjing Jerman Sheperd Saddle Back (Punggung Kehitaman)
Anjing Jerman Sheperd Saddle Back menjadi varian yang paling sering dipelihara oleh manusia. Variasi ini memiliki ciri khas yang terletak pada bagian punggungnya yang berwarna hitam layaknya saddle coat atau jok/pelana hitam. Bahkan, tak sedikit yang menyebutnya dengan pola warna blacket layaknya selimut yang dipasang pada bagian punggungnya. Namun, tidak semua bulunya berwarna hitam melainkan terdiri dari kombinasi warna coklat maupun merah. Selain itu, anjing jenis ini banyak diikutsertakan pada berbagai perlombaan karena penampilannya yang gagah berani dan keteramplannya yang mumpuni.

4. Anjing Jerman Sheperd Solid (Hitam/Putih)
Satu lagi variasi ras anjing Jerman Sheperd adalah Solid Black dan Solid White. Ya, variasi ras anjing ini hanya terdiri dari satu warna saja yaitu hitam maupun putih. Kehadiran warna bula tunggal yang menyelimutinya terjadi akibat adanya dominasi gen. Sifat dan karakteristiknya cenderung memiliki kesamaan dengan anjing jerman sheperd lainnya. Namun, hanya anjing jerman sheperd solid black yang bisa diikutsertakan pada ajang perlombaan. Bahkan, tak sedikit anjing sheperd solid putih yang langsung mendapatkan diskualifikasi apabila mengikuti perlombaan. Kondisi inilah yang membuat anjing jerman sheperd white cenderung kurang diminati saat ini.

Baca juga : Empat Alasan Mengadopsi Hewan dari Penyelamatan Hewan