Persiapan Sebelum Memelihara Anjing German Shepherd

Tentunya para pecinta anjing sudah kenal dengan anjing jenis german shepherd. Anjing jenis ini disebut juga sebagai anjing herder. Mungkin banyak yang menganggap jenis anjing herder agresif dan galak. Padahal di negara asalnya, anjing german shepherd merupakan anjing penggembala. Jika sepintar telrihat galak dan sangar, sebenarnya anjing ini sangat setia dan cerdas. Ia juga dikenal pemberani dan selalu waspada.

Perawatan dan pelatihan yang benar akan membuat anjing jenis ini sebagai peliharaan sekaligus penjaga yang baik. Anjing german shepherd sebaiknya dilatih dari kecil hingga dewasa, agar mental dan fisiknya lebih tenang dan stabil. Sebelum memutuskan memelihara german shepherd, sebaiknya anda melakukan persiapan terlebih dahulu.

Cara Merawat Anjing Jenis German Shepherd

1. Memberikan kandang atau tempat tinggal khusus
Anda tentunya ingin anjing peliharaan merasa aman dan nyaman. Maka dari itu berikanlah kandang atau tempat tinggalnya sendiri. Ini sangat penting terutama jika anda sering meninggalkan anjing sendirian di rumah. Dengan adanya kandang, maka anjing akan lebih merasa nyaman. Selain itu anjing juga tidak akan buang air sembarangan di dalam rumah. Hal ini akan memudahkan anda melatih kedisiplinan anjiing.

2. Menyiapkan makanan yang bernutrisi
Supaya anjing german shepherd anda bisa tumbuh dengan sehat, maka berikanlah makanan yang bernutrisi. Jangan memberi makanan secara asal-asalan. Pilihlan makanan anjing dengan kualitas dan nutrisi tinggi. Lebih baik lagi jika anda menyesuaikan keinginan anjing dan membiarkan anjing memilih makanan kesukannya.

Caranya bisa dengan member jenis makanan yang berbeda setiap harinya. Perhatikan pula kadar nutrisi yang baik bagi kesehatan anjing. Tetapi sebagai pemilik yang ada diĀ https://speedbet77.com anda harus bisa memahami kebutuhan makanan anjing. Untuk anjing yang masih berusia 1 bulan, biasanya masih menyusui kepada induknya. Jika sudah agak besar, sekitar usia 3 bulan, anda bisa menambahkan makanan lain.

3. Mandikan anjing secara teratur
Anjing german shepherd juga harus dijaga kebersihannya. Maka dari itu, mandikan anjing anda secara teratur. Tentunya anda tidak ingin kulit dan bulunya dihinggapi parasit dan kutu yang dapat mengganggu kesehatan. Mandikan secara teratur minimal seminggu sekali. Anda bisa menggunakan shampoo khusus anjing yang bisa dibeli di petshop.

4. Membersihkan gigi, telinga, dan kuku anjing secara teratur
Gigi anjing juga harus dirawat agar terhindar dari bau tidak sedap. Maka dari itu, bersihkan gigi anjing dengan menggunakan pasta gigi khusus anjing. Sekarang ini juga telah tersedia pasta gigi anjing dengan rasa daging sehingga anjing akan merasa nyaman ketika giginya dibersihkan.

Jangan lupa juga untuk membersihkan telinga anjing menggunakan kapas yang dicelupkan ke baby oil dan menggunting kuku anjing secara teratur. Gunting kuku sebelum mengenai pembuluh darah kuku. Jangan terlalu pendek karena dapat melukai anjing.