Sejarah Singkat dari Anjing German Shepherd

Sejak lama Anjing menjadi salah satu hewan yang sangat digemari sebagai peliharaan. Karena Anjing memiliki kecerdasan yang tinggi dan kesetiaan yang luar biasa. Banyak cerita-cerita dalam buku atau film yang sering menampilkan kesetiaan seekor Anjing pada tuannya yang membuat penonton terbawa suasana. Sebut saja Hachiko yang terus menunggu tuannya yang sudah meninggal di stasiun sampai ia sendiri juga mati, kemudian ada pula kelucuan para Anjing Dalmation yang membuat anda tertawa dan geleng-geleng kepala saat menikmati aksi mereka melawan penculik Cruella de Vil.

Salah satu jenis Anjing yang menjadi favorit untuk dipelihara adalah German Shepherd atau biasa juga disebut dengan nama Anjing Herder. Anda pasti sudah sering mendengar cerita atau bahkan anda sendirilah yang memelihara Anjing jenis German Shepherd ini. Tapi apakah anda tahu tentang sejarah Anjing German Shepherd ini? Karena sebenarnya anjing ini memiliki sejarah yang cukup menarik untuk kita pelajari lebih dalam.

Pertama kali disebarkan oleh Capt. Max Von Stephanitz membuatnya dijuluki sebagai tokoh bapak Anjing ras gembala ini. Capt. Max Von Stephanitz ini dikenal sebagai pengagum kualitas yang dimiliki oleh berbagai Anjing ras gembala. Terutama dari segi kecerdasan yang mereka miliki. Hingga akhirnya suatu hari di tahun 1899, ia pergi ke sebuah pameran bersama seorang rekan kerjanya.

Di sanalah ia terpikat dengan seekor Anjing ras gembala. Anjing itu memberikan kesan yang sangat mendalam bagi pria itu terutama karena keberanian, sifatnya yang mantap, dan segi intelegensinnya. Akhirnya Capt. Max Von Stephanitz memutuskan untuk membelinya dan mendirikan sebuah kelompok perkumpulan yang Verein Fur Duitsche Shaferhunde yang disingkat menjadi SV.

Hingga pada abad ke 20 perkumpulan SUV ini berkembang menjadi perkumpulan kinologi terbesar di dunia. Karena ketua perkumpulan, Capt. Max Von Stephanitz telah memikirkan rencana jangka panjang sehingga membuat perkumpulan ini tahan lama. Kemudian dari sanalah ditemukan beberapa hasil analisa yang telah dilakukan menghasilkan bahwa Anjing jenis German Shepherd ini memiliki keberanian dan kecerdasan yang sangat menonjol.

Dari hasil analisa itulah akhirnya diputuskan untuk menggunakan Anjing German Shepherd ini sebagai rekan saat perang. Bahkan Anjing German Shepherd ini juga berperan besar dalam terjadinya Perang Dunia I di tahun 1914. Anjing-anjing itu bertugas untuk menolong para tentara juga menjaga barak perbekalan karena begitu berani dan setia.

Selain itu Anjing German Shepherd ini juga tidak ragu lagi turun menjadi Anjing pelacak, mata-mata bahkan kurir yang menakjubkan. Hingga kini saat Perang Dunia telah usai tugas-tugas itu masih dilakukan Anjing German Shepherd dalam tugas kemiliteran membela negara hingga sebagai penjaga toko maupun rumah sang majikan. Apakah tertarik untuk memelihara Anjing cerdas ini?