Apa itu Anjing Shepherd?

Buat kamu para pecinta hewan khususnya anjing pasti tidak asing dengan nama anjing yang satu ini. Anjing shepherd atau yang lebih dikenal dengan nama anjing herder merupakan salah satu anjing yang populer dikalangan pecinta anjing. Hal ini tidak lain karena alasan jenis anjing shepherd ini sangat kuat, dapat dilatih, dan cerdas. Anjing ini sangat terkenal di aksi heroik masa lalu dan sering ditampilkan dalam cerita film. Saat ini anjing shepherd menduduki peringkat dua anjng populer di Amerika dan peringkat empat dengan predikat yang sama di Inggris. Nah, tidak heran, jika anjing ini begitu diminati pula di Indonesia.

Dilihat dari namanya, anjing ini berasal dari Jerman. Sedangkan nama german shepherd itu sendiri dikarenakan anjing ini sering dilatih untuk menggembala hewan ternak seperti domba. Selain lincah, kecerdasan anjing itu juga dimanfaatkan untuk membantu tugas-tugas kepolisian. German shepherd memiliki banyak panggilan umum disetiap daerah seperti alsatian, GSD, berger allemand, dan masih banyak lagi. Warna bulu anjing ini pun beraneka macam, namun umumnya berwarna hitam dan coklat.

Saat ini, anjing shepherd banyak dipelihara di Indonesia untuk berbagai macam tujuan. Ada yang hanya sekedar dipelihara, ada yang dilatih untuk anjing pelacak, ada juga yang memanfaatkannya sebagai anjing penjaga. Anjing ini normal berukuran tinggi 24 hingga 26 inchi dan berat kurang lebih 30-40 kg. Bentuk tubuh shepherd ini berupa moncong yang panjang, kaki yang jenjang, dan pinggul yang bulat. Ketika kamu menemui anjing jenis ini dikawasan rumah tertentu, jangan heran dan panik jika kamu akan mendengar gonggongan yang sangat keras. Ya, shepherd ini punya rasa terusik jika daerah teritorialnya dimasuki orang asing sehingga menggonggong sangat keras yang bertujuan untuk melindungi daerah dan tuan rumahnya.

Kali ini ada beberapa alasan mengapa kamu harus memeliharan german shepherd atau anjing herder ini. Pertama, anjing GSD ini sangat menyukai kegiatan fisik dan cerdas hingga cepat tanggap terhadap perintah. Jadi buat kamu yang rajin melatih anjing GSD, jangan heran jika pada akhirnya anjing ini sangat cepat belajar dan responsif. Kedua, selain manfaatnya yang luar biasa, anjing shepherd ini juga mudah dikembangbiakkan lho. Sekali melahirnya, indukan shpeherd bisa melahirkan 4 hingga 9 anak shepherd. Apalagi umur atau masa hidupnya yang cukup panjang. Bisa jadi ternak anjing shepher jadi alternatif usaha buat kamu. Ketiga, anjing shepherd ini juga mudah beradaptasi dimanapun ia tinggal asalkan latihan fisik selalu didapatkan, ia akan selalu betah. Selanjutnya, anjing ini cukup populer di dunia hollywood karena anjing GSD ini telah membintangi 27 film hollywood lho. Wah, menakjubkan bukan.