Ini Dia Cara Memelihara Anjing German Shepherd

Apabila kamu seseorang yang ingin memelihara anjing di rumahmu, khususnya anjing german shepherd namun takut akan pertumbuhannya yang menjadi besar, galak, dan agresif, maka ketahuilah bahwa semua itu tidak benar asalkan perawatannya benar. Sebenarnya karakter tersebut hanyalah yang terlintas karena perawakannya yang besar dan sangar. Sifat itu tidak akan terasa ketika kita telah memiliki anjing itu dan menjadi dekat dengannya. Anjing german shepherd ini terkenal dengan sifat yang berani, tidak kenal takut apapun, waspada pada tuannya, serta memliki naluri melindungi tuannya yang kuat. Dengan perawatan yang benar sejak kecil, diharapkan anjing tersebut bisa menjadi anjing herder dewasa yang fisiknya sudah terlatih, lebih tenang, dan juga stabil,

Bagaimana perawatan anjing shepherd yang baik dan benar? Pertama, berikan anjing herder kandang khusus. Anjing akan merasa nyaman jika ia mempunyai tempat tinggal sendiri,seperti ketika ia ditinggal tuan rumahnya sendiri. Selain itu adanya kandang juga bermaksud supaya anjing herder tidak kencing sembarangan di sekitar rumah kamu. Selanjutnya bersihkan juga kandanga anjing shepherd tersebut secara rutin, Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan anjing sari kuman-kuman penyakit. Setidaknya bersihkan kandang 2 hari sekali supaya anjing menjadi nyaman dan betah juga. Yang perlu kamu ketahui, anjing shepherd ini sangat sensitif pada kebersihan, berbeda sekali dengan perawakannya yang besar.

Perawatannya anjing herder selanjutnya yaitu berikan makanan yang bernutrisi. Jangan sampai karena meremehkan hewan anjing, kamu meremehkan makanan hewan herder ini secara asal-asalan. Selain itu, berika juga makanan sesuai kebutuhan anjing herder. Misalnya untuk anjing herder berusia kurang dari 1 bulan ia hanya menyusui induknya. Kemudian jika sudah berusia 3 bulan kamu dapat menambahkan makanan lain seperti dogfood for puppies sebagai pendamping asi.

Perawatan selanjutnya yaitu mandikan anjing herdermu secara teratur. Tidak nyaman bukan memandang anjing herder jika penampilan anjingmu kotor dan dekil? Selain itu, memandikan anjing itu bertujuan untuk menjaga kulit dan bulu anjing herder dari parasit dan kutu. Paling tidak mandikanlah anjing setiap satu minggu sekali secara teratur. Kamu bisa menggunakan sampo khusus anjing yang dapat kamu beli di petshop. Bersihkan juga gigi anjing secara berkala supaya terhindar dari bau tidak sedap. Gunakan pasta khusus anjing untuk membersihkannya. Paling tidak bersihkan gigimu tiga kali seminggu atau sekaligus saat memandikannya. Selain itu, bersihkan juga telinga anjing herdermu secara rutin. Kamu dapat menggunakan kapas yang telah dicelupkan baby oil. Kebersihan telinga sangat berfungsi untuk menjaga pendengarannya anjing herder. Disamping rutin menjaga kebersihannya, kamu juga harus mengajaknya rutin berolahraga dan bermain secara rutin supaya perkembangan fisiknya tumbuh dengan baik.